Saturday 1 October 2016

Cara Membuat Operasi Perkalian, Pembagian, Penjumlahan dan Pengurangan dengan C++

Mungkin sudah banyak tutorial yang sama dan mungkin ini sudah ketinggalan jaman heheh tapi disini saya sendiri tidak memperdulikan itu karena disini saya menulis apa yang saya ingin tulis dan saya berbagi apa yang saya ingin bagi, oke disini saya ingin berbagi cara membuat Operasi Perkalian Pembagian Penjumlahan dan pengurangan dengan c++ mungkin bisa disebut kakulator sederhana heheh.

Disini saya akan berbagi tutorial yang mungkin dibilang cukup mudah ya untuk pemula jadi di baca dan dipahami ya dan semoga bermanfaat bagi kalian semua, oke langsung saja simak tutorial saya berikut ini.

Alat Tempur : ?
- Disini saya menggunakan Codeblocks bisa klik disini

Langkah-langkah :
1. Setelah download codeblocks diatas lalu instal.
2. Setelah itu jalankan codeblocks tersebut.


3. Klik Create a new Project lalu pilih console aplication untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.


4. setelah itu next next aja untuk codingannya bisa copy paste codingan saya dibawah

Copy Codingan saya berikut ini :

#include <iostream> 

using namespace std;

int main()
{
int a,b,hasil;
cout<<"Masukan Bilangan pertama = \n";cin>>a;
cout<<"Masukan Bilangan kedua = \n";cin>>b;
hasil=a+b;
cout<<"Hasilnya adalah = \n"<<hasil;
}
5. jika sudah di copy coba build and run mungkin hasilnya seperti gambar dibawah ini


6. itu untuk operasi penjumlahan dan untuk operasi lainnya tinggal ganti proses nya saja sebagai contoh disini hasil=a+b; kalau mau diubah menjadi perkalian jadi hasil=a*b; kalau diubah menjadi pengurangan hasil=a-b; kalau mau diubah menjadi pembagian hasil=a/b; 
7. mungkin itu saja tutorial simpel kakulator dari saya.

Nb# :
1. #include <iostream> adalah library std yang ada di codeblocks.
2. using namespace std; adalah untuk mengaktifkan library std iostream dll.
3. int adalah type data integer yang diguanakan untuk bilangan.
4. a,b,c,hasil adalah variabel yang kita tentukan sendiri.
5. cout<<"Masukan Bilangan pertama = \n" adalah output atau bahasa simpel nya yang ditampilkan di layar dan dialam tanda (" ") bisa diganti sesuai keinginan kita.
6. cin>>a; adalah input atau artinya untuk memasukan bilangan di sini kita memasukan cin>>a; artinya memasukan kedalam variabel a.
7. hasil=a+b; ini adalah proses dimana setiap perhitungan apapun pasti ada proses mungkin ini kata lainnya adalah tempat untuk memasukan rumus.
8. cout<<"Hasilnya adalah = \n"<<hasil; diline ini maksudnya adalah menginputkan dan mengoutputkan hasil dari proses contoh outputnya : cout<<"Hasilnya adaalah = \n" dan contoh menampilkan hasilnya adalah <<hasil; kata hasil ini adalah dari variabel yang kita tentukan diatas
9. \n fungsi nya adalah untuk membuat baris baru

Credit And Thanks To :
1. Mbah Google
2. Dosen saya yang memberikan tugas ini.
3. kamu yang sudah mencoba tutorial saya berikut ini.

2 comments:

Kesehatan Jasmani

Kesehatan Jasmani Pengertian kesehatan yaitu merupakan sebuah kondisi yang stabil atau umum dalam sistem koordinasi badan dan jiwa raga m...