Sunday 2 October 2016

Cara Mengkonversi Detik Ke Jam Menit dan Detik Dengan C++

Semua berawal dari tugas kuliah disekolah yang menggunakan bahasa pemrograman C++ jadi disini saya ingin berbagi tutorial sederhana Cara Mengkonversi Detik ke Jam menit dan detik, disini saya menggunakan aplikasi Codeblocks yang dibilang cukup easy friendly lah digunakannya karena di codeblocks juga lengkap compiler nya.

Kalau belum bisa ngoding ? tenang disini saya siapkan souce code nya nanti tinggal di copy paste saja dan nanti tidak lupa saya jelaskan fungsi nya satu persatu jadi intinya kita disini sama - sama belajar dari yang tidak tau atau tidak paham agar menjadi paham, oke langsung saja tidak usah panjang lebar simak tutorial berikut ini.

Alat Tempur : ?
- Disini saya menggunakan Codeblocks bisa klik disini

Langkah-langkah :
1. Setelah download codeblocks diatas lalu instal.
2. Setelah itu jalankan codeblocks tersebut.


3. Klik Create a new Project lalu pilih console aplication untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.


4. setelah itu next next aja untuk codingannya bisa copy paste codingan saya dibawah
Copy Codingan saya berikut ini :

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
int detik,jam,menit,sisa;
cout << "" << endl;
cout << "Masukan Detik yang ingin di konversikan = "; cin>> detik;
cout << "" << endl;
jam = detik / 3600;
sisa = detik % 3600;
menit = sisa / 60;
detik = sisa % 60;
cout << "" << endl;
cout << jam <<" Jam, " << menit <<" Menit, " < cout << "" << endl;
return 0;
}
5. Jika sudah di copy coba build dan run nanti hasilnya kayak gambar dibawah ini


6. Jika sudah berjalan selamat anda telah berhasil

Nb# :
1. #include <iostream> adalah library std yang ada di codeblocks.
2. using namespace std; adalah untuk mengaktifkan library std iostream dll.
3. int adalah type data integer yang diguanakan untuk bilangan.
4. detik,jam,menit,sisa;  ini adalah variabel yang bisa kita tentukan sendiri
5. cout << "" << endl; ini adalah untuk enter atau istilahnya garis baru
6. cout << "Masukan Detik yang ingin di konversikan = "; ini adalah output alias yang kita tampilkan nanti di program nya di dalam tanda petik dua (" ") disitu bisa kita ganti tulisan semau kita.
7. cin>> detik; ini adalah input maksudnya adalah kita menginputkan ke detik atau ke variabel detik yang kita buat tadi.
8. Penulisan Rumus :
jam = detik / 3600; ini maksudnya jam = detik dibagi 3600
sisa = detik % 3600; ini maksudnya sisa jadi detik sisa berapa dari hasil pembagian dibagi 3600 tadi
menit = sisa / 60; ini untuk mencari menit ya berarti sisa tadi dibagi 60
detik = sisa % 60; ini untuk mencari detik bearti sisa menit tadi jadi menit sisa berapa di bagi 60 tadi

Mungkin kalau dalam saya menjalaskan ada kesalahan mohon dimaafkan karena disini saya juga belajar dan semoga ilmu sederhana ini bermanfaat buat anda terima kasih.

Credit And Thanks To :
1. Mbah Google
2. Dosen saya yang memberikan tugas ini.
3. kamu yang sudah mencoba tutorial saya berikut ini.


No comments:

Post a Comment

Kesehatan Jasmani

Kesehatan Jasmani Pengertian kesehatan yaitu merupakan sebuah kondisi yang stabil atau umum dalam sistem koordinasi badan dan jiwa raga m...